Killing Party

tempat saya membackup ide dalam kepala

Tuesday, October 10, 2006

mengelola uang ala safir senduk

setelah membaca 2 buku safir senduk tentang 'orang gajian' dan 'enterpreuneur', benang merah yang saya tangkap ada 2 hal :
  1. disiplin
  2. berencana - orientasi ke depan.
saya rasa keduanya saling menguatkan satu sama lain, disiplin dalam berencana, dan berencana secara disiplin (berbeda ga?)
untuk turunannya, saya mencoba mengintisarikan apa yang saya rasa sebagai pemahaman saya. mereka adalah :
  1. pendapatan diitung, dan ambil beberapa persen untuk di-save di rekening lain di awal bulan/awal pendapatan. rekening tersebut tidak boleh diutak-atik.
  2. perbanyak barang produksi, dan jangan perbanyak barang konsumsi.
  3. cari kanal-kanal baru investasi. yang paling mudah dan konservatif adalah emas, tanah, dan bangunan.
  4. asuransi, terutama asuransi pendidikan anak. hitung kebutuhan anak yang harus dipersiapkan (misalnya masuk kuliah), sehingga kehitung jumlah dana dan jangka waktunya.
  5. hitung dan tetapkan usia pensiun kita, dan targetkan pada saat itu model hidup seperti apa yang kita mau. dan perjalanan menuju ke sana kita berusaha mewujudkannya (bisa dalam wujud asuransi dana pensiun).
benar tidak pemahaman saya tersebut, pak safir?

0 Comments:

Post a Comment

<< Home