Killing Party

tempat saya membackup ide dalam kepala

Saturday, July 12, 2014

Filsafat uang

 Saya saat ini, di umur saya yang 35tahun, saya dalam masa prime time saya, masa2 titik tertinggi produktif. Saya memiliki set mental bekerja menukarkan skill, antusiasme, dan waktu yang saya miliki untuk dijadikan uang. Pada prinsipnya, ada beberapa keuntungan idealisme saya tersalurkan saat saya bekerja: menelurkan karya kepada society, dan sebagai penghidupan dalam hasil baliknya.

UANG
profesionalitas saya membutuhkan saya untuk bisa menilai value diri saya dan value waktu yang saya miliki yang dapat society pakai dalam kurs mata uang. uang sendiri saat ini saya butuhkan untuk makan, plesir, membeli kesenangan, dan memberikan bekal untuk diri saya sendiri di masa depan. itu adalah set uang yang saya miliki dilihat dari pemuasan individu saya. sisi lain yang menurut saya di atas itu adalah, uang yang saya dapatkan menjadi berguna buat society. saat ini secara langsung.

society yang akan menilai tinggi uang saya yang tidak seberapa menurut saya adalah society ekonomi lemah. mereka akan menilai uang katakanlah 50.000 akan lebih bernilai daripada orang dengan kelas sosial ekonomi di atasnya. kembali kepada set uang pemuasan individu saya yang saya sebut di atas. makan, plesir dan membeli kesenangan saya relatif tidak membutuhkan uang yang sangat banyak.

makan saya secara kebiasaan tidak terlalu picky. saya cuma butuh makan yang bervariasi. bahkan saya memilih makan di kelas warteg daripada di resto. jadi, untuk makan tidak terlalu merepotkan bagi saya. plesir saya bergaya 'riding berkeliling motor/sepeda, main ke pantai dan saya sudah cukup puas'. membeli kesenangan hubungannya dengan barang, saya mengembangkan sifat 'sebisa mungkin memiliki barang sesedikit mungkin'. saya suka gadget, dan saya mengembangkan cara bermain di dunia tentang barang yang ingin saya miliki sebagai berikut: biarkan orang yang membayarkan barang untuk yang saya mau. contohnya begini. saat saya melihat 1 gadget yang saya inginkan, gopro misalnya. saya selalu berpikir apakah saya bisa mencari gopro yang murah yang saya bisa borong katakanlah 10buah, dengan harga jual dimana margin yang saya dapat untuk menjual 9 buah barang kepada orang lain akan cukup untuk saya memiliki barang yang kesepuluh untuk saya sendiri. tanpa saya keluar uang. itu kenapa beberapa barang yang saya suka saya tampilkan di lapak saya di kaskus, bukalapak, dan web pribadi saya. ketika orang-orang sudah 'membayari' untuk 1 barang yang saya inginkan, saya udahan jualan. jualan bagi saya kebanyakan berakhir seperti itu, hanya untuk sekedar saya juga memiliki tanpa saya keluar uang pribadi saya (berbagi, dan memiliki secara free).

bekal ke diri saya sendiri, saya sudah membuka 2 rekening investasi yang hitungannya pas untuk waktu pensiun saya. di perjalanan, investasi ini akan saya top-up beberapa kali dan that's it. tentang bekal ke diri saya sendiri (saat saya berbicara ke diri sendiri, saya berpikir ini satu paket dengan istri. tapi hal ini yang saya akan kupas lebih lanjut di penjelasan berikutnya) yang masih kurang adalah rumah/papan. 10 tahun ke depan, saya rasa saya akan bisa memiliki rumah, insya allah. tentang rumah saya hanya masih belum memutuskan tentang 'lokasi' nya. akhirnya, uang kita akan terlihat masih bersisa dengan gaya hidup saya yang seperti ini.

IDEALISME HIDUP: BERBAGI KEBAHAGIAAN DAN MEMBERI VALUE KEPADA SOCIETY
saya bercita-cita suatu saat menjadi guru. guru di pedalaman. tapi saya mencoba realistis tentang uang yang bisa dihasilkan dari menjadi guru, tidak sebesar uang yang sekarang saya hasilkan. saat ini idealisme yang bisa saya lakukan adalah membagi kebahagiaan dengan uang yang saya miliki. sayangnya, idealisme kita kadang terlihat naif untuk orang-orang. orang terdekat bahkan tidak cocok dengan idealisme ini. rumah tangga sering ada cerita cekcok karena uang. sayapun cekcok karena sifat saya tidak terlalu peduli dengan uang. saya suka kehidupan profesional dengan cerita 'gajinya lebih tinggi, kerrjaaannya lebih susah, waktunya lebih padat' itu seperti berkompetisi yang benar-benar bikin saya excited. tapi seringkali saat tenggelam dengan kompetisi tersebut, mengecek 'sudah berapa uang yang saya hasilkan', sudah berapa waktu yang saya convert jadi uang, sudah berapa peras otak yang worth jadi uang, saya kepikiran saya sudah menjadi budak uang. dimana saya kembali berpikir ke dasar: untuk apa uang ini bagi saya?

RUMAH 
ada gaya hidup yang saya bisa kembangkan tentang rumah: saya menyewa tanah jangka panjang (20-30 atau bahkan 40tahun) dan saya bangun rumah di atasnya. saya saat ini ambil sewa 9tahun, yang cukup untuk saya+pasangan mengambil napas untuk kembali menabung untuk rumah sendiri. secara kalkulasi, 9 tahun akan cukup dengan ga terlalu ketat-ketat amat dalam keuangan. jadi, tantangan berikutnya adalah 'top up investasi' dan rumah ini. selebihnya adalah mengisi uang yang siap fluid jika terjadi apa2.

MELEPASKAN DIRI DARI RASA BERSALAH SEBAGAI BUDAK UANG
saya mencoba mengembangkan cara main baru untuk ini. saya anggarkan beberapa persen dari uang penghasilan saya untuk saya bagi GRATIS kepada yang membutuhkan. gratis sebenernya ga gratis2 amat (gratis itu buruk), tapi saya pinjamkan kepada orang yang membutuhkan, yang bagi mereka ini adalah utang tapi di dalam diri saya, saya set mental 'ga kembali pun ga apa-apa'. ini saya percaya akan sedikit melepaskan rasa bersalah saya sebagai budak pengejar uang (1 minggu 60-70 jam kerja). namun hidup saya tidak melulu tentang saya. saya sudah beristri, dan istri saya ga sepakat ama gaya saya ini. oh well, saya bete.

IN MY PRIME TIME: PELAJARAN 
prime time anda adalah kesempatan anda. momentum bergulirnya bola salju ini harus dimanfaatkan dan jangan sampai lewat begitu saya. untuk saya momentumnya adalah untuk membuka opportunity yang lebih besar, lebih menantang, dan lebih tahan lama. selain UANGNYA lebih besar. pengingat untuk saya sendiri: fokus kepada idealisasi hidup dan cita2.jangan lupa bersyukur kepada tuhan sang pemberi amanah dan pemberi kesempatan. jangan lupa berbagi.

bagaimana dengan anda? selamat berjuang.

Thursday, March 27, 2014

cowok aquarius: bagaimana menaklukkannya

saya ingin menjadi berguna sedikit kepada society. ya, society yang dibangun oleh budaya pop warna-warni, gemerlap dunia, dan ramalan bintang di majalah-majalah populair remaja.

saya cowok, dan saya ehm, ingin wanita/perempuan sebanyak mungkin dapat bergantung kepada saya dan berterima kasih kepada saya akan apa yang saya lakukan kepada mereka. terlepas dari zodiak saya, saya coba menolong anda para perempuan yang kebingungan saat ini akan cowok kenalannya yang berzodiak aquarius yang menurut anda, ehm, BANGSAT berhati dingin tukang mainin perasaan hati cewek.

saya harap setelah anda membaca ulasan singkat objektif dan saintifik saya berikut, anda akan memahami apa yang sedang terjadi.

CEWEK seperti anda: apa yang anda cari terhadap pria?
ingatlah saat nenek moyang kita masih hidup di gua2, anda salah seorang perempuan lajang di kelompok gua itu yang sedang menyiapkan ladang/hasil buruan/bumbu dapur dengan para ibu2 di dapur yang sedang coba nyalakan kompor dengan cara mengadu 2 batu di tangan sehingga muncul percikan api, saat menunggu itu anda tidak sengaja melihat ke segerombolan laki-laki yang baru pulang dari berburu di pojok sana yang sedang asyik mengobrol: saat itu anda bertemu mata dengan seorang laki-laki dari grup itu yang pendiam, namun tatapan matanya tajam, terasa menelanjangi pikiran anda, dan entah kenapa tatapan mata ini anda yakin dia bermain pikiran terhadap anda.

dan esok harinya, dia kembali cuek terhadap anda dan sibuk mengasah pisaunya dan asyik dengan kegiatannya sendiri (mengutak-atik sesuatu, bermain angka, mencoba trik sirkus, dsb).

cowok itu adalah seorang aquarius. dan anda saat ini bingung terhadap diri anda sendiri: sebenarnya apa yang saya cari terhadap pria?

BAGAIMANA membuat aquarius mengejar anda
Sebelum anda bertanya, bagaimana cara untuk membuat seorang cowo aquarius mengejar anda, anda harus tanya dulu kepada diri anda sendiri: kualitas macam apa yang dimiliki olehnya yang bikin anda menginginkannya?

aquarius, baik itu cewe maupun cowo, mempunyai kualitas sebagai berikut:
- pembosan
- suka bikin perbedaan (lihat tingkah laku dan gaya busananya yang sedikit nyentrik, pasti anda sepakat)
- suka diskusi terutama masalah psikologi, tokoh2 besar, dan dunia yang unik.
- suka barang antik.
- gampang ilfil ama orang yang 'cakep2 kok bego'
- suka petualangan
- setia (males nyari yang baru tepatnya)
- kalau anda suka ferrari, dia suka vw kodok. pastikan anda cukup fleksibel untuk juga bisa suka vw kodok.

anggap list di atas sebagai 'syarat dan ketentuan' sebelum anda masih ingin lanjut mengejar cowo aquarius pujaan anda. kalo emang anda cukup pede dengan kualitas yang akan anda dapatkan seperti yang saya sebutkan di atas, ingin tahu rahasia menaklukkan si bangsat aquarius, yang sudah mempermainkan perasaan dan hati anda sehingga anda panas dalam ga bisa tidur semalaman?

mau tau? ..
(bersambung)

Labels: ,

Thursday, March 13, 2014

Mata dibalas mata,gigi dibalas gigi (tinjauan strategi marketing 3 agama abrahamik)

Dalam dunia yang sarat akan persaingan ini, sebuah produk harus memiliki positioning yang khas yang diharapkan dapat menjawab kebutuhan calon marketnya. Dia, entah itu produk atau idea atau meme dengan strategi matketing di dalamnya, adalah sebuah konsep heuristik-komprehensif yang diharapkan solid blending dan teruji akan laku selama mungkin.
Menilik 3 agama besar (Yahudi, Kristen, Islam) yang masih bersaudara ideologi dan darah terhadap Abraham (Avram, ibrahim), kita bisa lihat variasi 'jualan' ketiga agama ini bisa dikatakan mencoba untuk adaptif terhadap 'kebutuhan riil market saat itu dan potensial market yang bisa digiring menjadi butuh di masa mendatang'
Yahudi
Bangsa israel dengan tuhan dan agama turun temurunnya sudah mencicipi asam garam kerasnya dunia. Kegemilangan dan kenistaan sudah mereka alami silih berganti, dan saat itu pula mereka selalu dibela oleh tuhan perangnya.
Ketegasan aturan tuhan menurut agama yahudi adalah cara bagaimana tuhan selalu membela mereka selama ini. Mata untuk mata, gigi untuk gigi adalah konsep yang ingin mereka jual untuk keadilan cara tegas yang akan berhasil mengatur manusia dengan segala macam problematikanya. Konsep ini diharapkan secara natural akan 'laku' untuk jaman manusia yang selalu ditindas yang mendambakan keadilan. Dan manusia, setiap individu manusia di muka bumi ini, pasti akan pernah merasa teraniaya entah pada seberapa besar-kecil porsinya. Pendek kata, keadilan tuhan yang ingin ditegakkan oleh manusia secara impas ini adalah positioning yang cukup menjanjikan untuk marketing agama yahudi ini.
Kristen
Agama kristen, baik secara lembaga (romawi/vatican centric) maupun ajaran (kristen dengan semua sektenya), lahir sebagai antitesis kakak sulungnya Yahudi. Saat Yahudi dengan keras dan tegasnya bilang 'mata untuk mata, gigi untuk gigi', dan saat itu pula orang-orang yahudi dan pemegang kitab taurat bertindak layaknya bully kampung saat itu: semua benar salah mutlak menurut para rabbi pemegang kitab taurat.
Jesus menawarkan 'jualan' yang berbeda. Selalu di setiap jaman pasti akan ada manusia yang merasa di pihak yang tertindas, dan memang ini market yang gurih untuk digarap. alih-alih keadilan 1-1 = 0 seperti tesis Yahudi di awal, Jesus menawarkan antitesis yang berbeda: kasi pipi mu yang satunya untuk kembali digampar oleh lawanmu!
Ibarat berjudi atau bermain saham saat mencoba untuk cut loss/kembali naik/berstrategi martingale dalam mencari pengikut: ambil metode ekstrem! dobelkan taruhannya! mungkin di situ ada market yang bisa nyangkut..
Ajaran ini dibungkus dengan judul 'ajaran kasih, ajaran surga' dimana manusia pada dasarnya egosentris ga akan mampu ngerti konsep 'udah digaplok pipi satu, kenapa kasi pipi yang lain?' tapi cerdiknya ajaran kasih Jesus ini adalah ini: pada manusia yang pasrah di sisi tertindas ada kesempatan untuk makin pasrah di titik itu. dan orang yang pasrah ditabok, meskipun ada kesempatan membalas dengan tabokan yang lain biar impas, dia BISA diajak untuk 'pasrah dan kasih 1 lagi pipimu untuk ditabok'.. dan itu adalah market yang menjanjikan!
Saat ini, ajaran Kristen cukup memimpin pasar di dunia dengan antitesis keadilan ala yahudinya.
Islam

(Bersambung)

Labels: , ,

Tuesday, March 11, 2014

Dialog dengan masa depan (lagi)

Masa depan selalu akan mencoba berkaca akan dirinya sendiri terhadap masa lalunya, yang masa lalunya notabene termasuk masa sekarang. Itu adalah sebuah kepastian. Mereka selalu ingin melihat ke belakang 'apa yg saya sudah lakukan dulu tepat 5 tahun yang lalu' atau bahkan dapat sebodoh pertanyaan seperti 'siapa yang dulu bunuh diri di kamar ini kok berhantu gini sekarang'.

Jika anda sayang kepada diri anda (dan ini pasti,menurut para sosio-darwinian atau biolog molekuler darwinis), termasuk diri anda di masa depan, lakukan ini: hadiahi diri anda sendiri di masa depan dengan hadiah yang tak bernilai yang bisa ia (diri anda di masa depan) akan sangat berterimakasih kepada anda (di masa kini).

Ada konsep yang tidak baru2 banget sih, uncloud data, yang merupakan counter culture dari konsep kekinian cloud data. Konsep ini adalah bertukar data yang aksesibel, yang merupakan pokok dari konsep cloud, namun tidak ditaruh di awan, melainkan ditaruh fisik di 'bumi'. Konsep uncloud data yg populer (saya sih yg bilang) yaitu 'dead drop', yang merupakan istilah jaman romantisme spionase dulu untuk mengirimkan data yang disamarkan dalam bentuk batu, kertas jelek, payung dan sebagainya.

Uncloud data yang populer dengan konsep deaddrop ini secara sederhana adalah flashdisk yang ditanamkan di barang fisik di muka bumi ini yang bisa diakses oleh orang lain. Deaddrop ini sebuah gerakan counter culture yang cukup banyak yang pakai, entah itu berbagi foto, buku digital dan apapun yang orang ingin bagikan kepada orang lain. Deaddrop sendiri banyak ditanam dalam tembok, batu yg dibor di pegunungan, batang pohon mati dsb. Intinya, deaddrop adalah kado untuk orang lain (dan termasuk kita) di masa depan.

Saya menanam deaddrop saya sendiri di pintu kosan, dengan koleksi foto yang saya punya tentang kosan ini dari waktu ke waktu. Kado untuk penghuni selanjutnya. Dan kado untuk saya sendiri di masa depan, karena ada informasi tentang saya dan bagaimana mengakses diri saya di masa depan yang bisa saya bayangkan masih bisa dilakukan (email yahoo..please yahoo jangan bubar yah servis emailnya).

Saya orang yg cukup visual (mudah mengambil informasi via mata dibanding panca indera yang lain) dan foto, khususnya foto masa kini sebagai kado bagi saya di masa depan, akan dapat memuaskan saya.

Labels: ,

Friday, March 07, 2014

Menjelaskan tentang Kapitalisme

Suatu ketika, saya dan istri sedang jalan-jalan dan kita melihat taksi yang full color dengan logo sebuah rumah sakit swasta.

Istri saya otomatis nyeletuk 'wah itu taksi khusus rumah sakit A ya'

Sambil menghela napas seakan punya tugas penting di kemanusiaan, yaitu memberikan pencerahan kepada umat manusia, saya jawab 'itu namanya iklan,sayang. Kamu harus tahu bagaimana kapitalisme bekerja'

Dia jawab 'emang gimana?'

'Kapital. Artinya modal. Ngerti ga sekarang?'

... (Baca: krik krik)

Dia diam, sedang memproses,pikir saya. lantas saya lanjutkan kuliah saya, 'isme,artinya paham. Paham??'

* * *

Dan malam itu saya telah menjelaskan kapitalisme dalam penjelasan terbaik saya.

Labels: