Killing Party

tempat saya membackup ide dalam kepala

Wednesday, September 21, 2011

tugas manusia di dunia

dulu saya berdiskusi vs teman yang cukup pandai dalam hal ilmu filsafat, baik filsafat model socrates maupun filsafat agamis yang berlandaskan kalimat-kalimat suci yang berasal dari Tuhan. ini diskusi warung kopi, yang bahkan seingat saya diskusi ini, atau perbincangan lebih tepatnya, dilakukan saat kita rehat bermain bola (plastik) di suatu sore hari.

apa tugas manusia di dunia?

saya entah kenapa keceplosan di bawah sadar berbicara begini saat itu 'iya, tugas manusia di dunia ini kan tidak lebih dari hanya meneruskan keturunan'.

kawan saya, dengan metode socrates tentunya, mencoba mengalaborasi ceplosan saya ini 'oya? maksudnya gimana tuh?'

saya kok berpikir secara sederhana bahwa tiap 1 orang manusia yang ada di dunia ini punya model hidup yang sama, yang saya bisa sebut 'sunatullah' atau bahasa sehari-harinya adalah 'secara alamiah', yaitu

lahir-bermain-bersiap2 bertarung-bertarung-beranak-mati.

yang jadi pertanyaan saya adalah, kenapa harus bertarung? saat itu saya tidak tercekoki sama sekali (well, mungkin secara tidak langsung iya) oleh pemikiran darwin dan para naturalis sealiran beliau, tapi saya selalu percaya bertarung (memperebutkan rejeki di dunia) adalah persiapan untuk langkah selanjutnya yaitu BERANAK.

saya sulit membayangkan tujuan hidup manusia TANPA menyiapkan keturunan. buat apa kamu bertarung? hanya menggendutkan perut sendiri yang akhirnya pecah tanpa ada dampak? bernyanyi tanpa ada yang mendengarkan?

0 Comments:

Post a Comment

<< Home