Killing Party

tempat saya membackup ide dalam kepala

Tuesday, November 13, 2007

'jangan' vs 'cobain deh' untuk knowledge berbasis pengalaman

knowledge berbasis pengalaman adalah istilah saya untuk pengetahuan baru yang lebih melulu soal rasa dan emosi, yang didapatkan langsung dari pengalaman pribadi. dan kita tahu, rasa di tiap orang tidak pernah sama, bahkan untuk menilai satu objek yang sama dan pada waktu yang sama di antara 2 orang yang berbeda. menurut teori knowledge management, pengetahuan ini disebut tacit knowledge, yang susah untuk diceritakan karena selain abstraknya rasa untuk diceritakan kepada orang lain, ini juga pengetahuan subjektif yang, kembali, saya yakin hasilnya berbeda-beda untuk setiap orang.

saya sebenernya ingin menceritakan 'tidak enaknya' rasa masakan prancis yang, katakanlah, bernama Fonds blanc du volaille. tapi kemudian siapa yang bisa bilang rasa ini absolut 'tidak enaknya' untuk semua orang, bahkan untuk kamu yang saya tahu persis kualitas lidahmu yang tidak sempurna dalam mencecap rasa makanan? sehingga membenarkan untuk saya bilang 'jangan makan tuh fonds... rugi'? saya jawab : tidak ada yang berhak bilang 'jangan' untuk semua hal yang orang lain bisa lakukan untuk menambah knowledge dia yang berbasis pengalaman.

saya lebih memilih kalimat 'cobain deh' agar saya selain memiliki knowledge yang sudah saya dapatkan dari pengalaman pribadi saya, saya juga dapat knowledge baru dari pengalaman orang lain akan objek penilaian yang sama, yang bisa saya komparasikan dengan knowledge saya. begitu pula saya harapkan orang lain dapat knowledge yang sudah saya miliki untuk memperkaya juga knowledge mereka.

banyak orang akhirnya terjebak dengan percaya akan penilaian orang lain akan rasa, sehingga penilaian subjektif 'enak, tidak enak', atau 'bagus, tidak bagus' bukan murni dari pengalaman dia, tapi hanya dari 'kata orang'. bagus kalo mereka berkata 'kalo kata si fulan sih ujung kulon ga enak. cuma gw pengen juga nyobainnya'. tapi kalo sampai bilang 'ujung kulon jelek, jangan kesana!', tapi dia berbicara menurut statistik, bukan dari pengalaman langsungnya, saya kok sedih dengan orang semacam ini. katakanlah dia berbicara juga dari pengalaman langsungnya, tapi apa yang dia pikir sehingga saya tidak berhak pergi ke sana?

jadi, biarkan setiap orang merdeka merasakan pengalaman mereka masing2 yang merupakan bagian dari perjalanan spritualitas mereka. 'cobain deh..'

7 Comments:

Blogger Meita Win said...

creame de cassis and amaretto di sarrono mix half and half...

cobain deh :)

Nov 14, 2007, 11:31:00 AM  
Blogger andri akbar said...

ga mau ah. kata orang ga enak :D

hey thx mei. terus terang, jadi penasaran pengen coba! :)

Nov 14, 2007, 1:36:00 PM  
Blogger Meita Win said...

hahahaha...tapi cobain deh! :D

oh forgot, on the rock, pls :) not too much just give the chill feeling..

errr...jadi pengen *blush*

cheers, Le! :)

Nov 15, 2007, 8:38:00 AM  
Blogger Vira Tanka Z said...

jadi pengen coba tuh yg makanan prancis itu.. abisnya dibilang nggak enak sih sama lo.. kan malah gw jadi penasaran :))

Nov 20, 2007, 6:15:00 PM  
Anonymous Anonymous said...

Gue
Bisa dibilang sebagai salah satu orang yang kelewat berhati2...
Suatu ketika gue ketemu pacar gue..
Dia ini orang yang bener2 jauh dari hati-hati...
Yah bayangin aja, mungkin cuma dia ini satu2nya cewek yang bodoh bisa jatuh dari balkon karena ketidak hati2annya...
Romeo dan Juliet saja lebih pandai dari dia...

Tapi karena sifat ketidak hati-hatiannya inilah yang ngebuat gue ngerasa....
"I have missed a lot of things in this world because i have too careful"
Or because i have missed a lot of things i could become what i am?

But yes, at these age i have missed a lot of things i should have done....And i'm trying to repent it...

Nov 21, 2007, 12:32:00 AM  
Anonymous Anonymous said...

ikansapi : adduuuh dasar udah dibilangin ga enak. mendingan jangan coba deh (posesif mode)

eh vi, btw dah pernah makan di warung pasta kemang belum? (simungil's advice)

zhar : mungkin pas kali kata kunci di posting gw ini buat lo (dan sebenernya buat gw juga), cobain deh. rasakan sensasi adrenalin lo saat kita memecah zona aman kita. dikiiit aja hehe.
tenang men, ga ada kata telat.. (tapi 'terlambat', telat nggak baku)

ps: jangan lupa selalu iketin tali di pinggang cewe loe. gw ikut kawatir ni ;) kiddin'

Nov 21, 2007, 12:56:00 PM  
Anonymous Anonymous said...

hmmm...

rasanya gwa selalu pake 'cobain deh' seumur idup. mungkin karena emak gwa nggak pernah ngelarang gwa ngapa2in dari kecil ya? manjat pohon jambu ampe jatoh dan dagu menghunjam batu dan dijahit waktu umur 5, pernah. makan sambil boker, sering. ngeganja di rumah, udah. breaking all the rules, tiap hari. tabrakan motor, 2x. tancep gas di jalan raya jam 2 pagi pake RGR pinjeman kecepatan 120 sendirian, sempet. pertama kali belajar sepeda remnya rusak dan adanya cuma jalan turunan, pernah. lompat2 di jembatan tali, sekali. nabrak tembok pas belajar inline skate, sering. sok2an nggaya berenang di 2m (dan tenggelam dengan sukses), pernah. tidur di emperan depan kolam Plaza Indonesia ampe jam 5 pagi, pernah. naek tornado 3 times in a row, pernah (sambil nyanyi indonesia raya dan garuda pancasila). kalo lo mo bayarin gwa bungee jumping, gwa juga bakal 'cobain deh'.

apa yang belum ya?

*ini bukan pamer. gwa baru sadar kalo hampir nggak pernah ada 'jangan' di idup gwa*

Feb 21, 2009, 4:11:00 AM  

Post a Comment

<< Home