Killing Party

tempat saya membackup ide dalam kepala

Monday, September 17, 2007

tools yang tepat vs tools favorit

ada quote indah yang berbunyi :

"semua terlihat seperti paku jika tools favoritnya palu"

apa tool favorit masing2 kita dalam kehidupan? apakah kita memang tepat memutuskan untuk fanatik terhadap satu tool tertentu yang generik dapat dipakai untuk setiap masalah yang kita hadapi?

saat ini di perusahaan klien saya terjadi ketidak-sesuaian pencatatan keuangan (debet-kredit balance), padahal perusahaan sudah menggunakan perangkat lunak akuntansi dari sebuah vendor terkenal.

saya sebagai orang IT berpikir untuk membongkar data dan sistem perangkat lunak tersebut dimana saya yakin, perangkat lunak ini TIDAK BENAR dalam menangani data. (misalnya salah algoritma formula perhitungan, atau salah metode pembulatan 2 digit di belakang koma, dimana metode CEIL/angkat atas, atau FLOOR/turun bawah akan menjadi deviasi yang signifikan di ujungnya nanti)

untuk orang SOX, mereka berpikir ada kesalahan di prosedur input data dan penanganan data oleh manusia. salah dalam SOP, pendek katanya.

sedangkan orang AKUNTANSI berpikir bahwa ada penyelewengan/korupsi dana disini dan tidak rapi dalam menyembunyikannya.

kebetulan tidak ada orang, katakanlah, biologi di sini ;). entah apa analisa mereka akan kondisi seperti ini.

intinya, untuk saya dunia itu sangat luas yang sayang untuk kita jalani hanya dengan berpikir dengan kacamata kuda. tools favorit saya sampai saat ini dalam menyiasati hidup adalah pendekatan IT. sekarang saya ingin mengoleksi tools lain agar saya punya paradigma di luar tempurung, yang sedihnya tempurung itu saya buat sendiri. saya ingin memiliki tools lain alternatif yang mungkin lebih efektif dalam menangani sebuah masalah yang muncul, dibanding tools favorit yang selalu saya pakai.

SOX, sepertinya menarik sekali seni ini. mari.. saya mau belajar SOX dulu.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home