Killing Party

tempat saya membackup ide dalam kepala

Friday, August 31, 2007

BERAPA KLIK APLIKASI ANDA?

saat saya presentasi kepada klien hasil cucuran 'keringat, darah, dan airmata' saya yaitu sebuah program aplikasi, ada feedback yang dilontarkan secara enteng oleh klien, "itu seharusnya bisa 2 kali klik aja udah beres, nggak banyak klik kaya yang kamu buat". ia melontarkannya dengan ringan, saya ingat itu, tapi berat saat hal tersebut jatuh menimpa saya.

ada istilah IMK dalam dunia perkomputeran, kependekan dari Interaksi Manusia dan Komputer. ilmu IMK ini mempelajari bagaimana caranya agar manusia dapat menggunakan (aplikasi) komputer dengan mudah. ilmu ini menurut hemat saya diturunkan dari psikologi manusia itu sendiri.

seperti dalam desain produk: sebuah tombol dapat memberitahukan kepada manusia, apakah ia harus dipencet atau diputar hanya dari bentuknya. begitu juga aplikasi komputer. ilmu IMK hendak memastikan bahwa aplikasi yang dibuat oleh programmer dapat digunakan dan diinterpretasikan oleh pengguna fungsi serta alurnya dari (salah satunya) tampilannya.

semangat sang klien dalam menilai banyak-sedikit klik untuk satu proses didasarkan atas semangat IMK itu juga. sebenarnya buat saya isyu jumlah klik saat ini sudah ketinggalan jaman. kalau menilik trend global distributed-system dewasa ini, yang harus dipertanyakan adalah SEBERAPA SERING KOMPUTER CLIENT MELAKUKAN REQUEST KE KOMPUTER SERVER. karena saat ini satu klik bukan berarti satu request..

tar disambung...mumet

0 Comments:

Post a Comment

<< Home