Killing Party

tempat saya membackup ide dalam kepala

Thursday, May 31, 2007

visual vs auditory person (dan kinesthatic)

dalam berhubungan dengan sesama manusia, menangani/bergaul seseorang dengan mode visual akan berbeda dengan menangani yang lainnya yang menpunyai mode auditory. sebenarnya secara teori ada lagi orang dengan mode kinestatik, tapi kita fokuskan antara visual-auditory saja dahulu.

visual-auditory adalah konsep yang menggambarkan bagaimana suatu ide masuk ke dalam benak seseorang, apakah melalui indera visual ataukah indera pendengaran. hal ini terjadi karena ternyata satu dari 5 panca indera yang dimiliki oleh manusia merupakan indera yang dominan baginya dalam menangkap suatu ide/gagasan. dari 5 panca indera yang dimiliki oleh manusia, 3 mode indera yang dominan dimiliki oleh kebanyakan orang adalah terurut dari yang terbanyak adalah visual, pendengaran, dan rasa/kinestatik.

kita akan dapat melihat sudut pandang yang berbeda dalam menilai sebuah masalah yang sama karena perbedaan tipe tsb dalam tiap manusia. conthnya adalah saat beberapa orang dibawa ke sebuah ruangan yang sama, ketika selesai dan ditanya kesan terhadap ruangan tersebut tiap orang memiliki 'area' penilaian yang berbeda-beda, seperti "ruangannya luas", "warna dindingnya indah", "terasa damai", "sedikit berdengung saat berbicara di dalamnya", dan sebagainya. dari jawaban2 ini kita dapat menilai tipe apakah orang itu, apakah visual atau auditori.

jawaban-jawaban seperti "ruangannya luas", "warna dinding indah", atau bahkan "enak dilihat" adalah jawaban-jawaban orang dengan tipe visual. indera pengelihatan berperan sebagai gerbang dan alat utama dalam menilai informasi yang masuk. hampir semua masalah/idea yang diterimanya dinilai dalam sudut pandang visual dengan kata-kata kunci seperti: bentuk, cantik, lihat, warna, komposisi letak, dan sebagainya. model kata-kata lain dari orang bertipe visual adalah "saya sih ngeliatnya...", "menurut pengamatan gw..." dsb.

sebaliknya, jawaban2 seperti "terasa damai", "sedikit berdengung...", atau bahkan "enak didengar" adalah model2 jawaban orang bertipe auditori ("terasa damai" bisa dimasukkan dalam model jawaban kinestatik juga sih... harus lebih diteliti lagi lebih lanjut dengan jawaban2 lainnya). yang terpenting bagi mereka adalah bagaimana telinga saya menangkap informasi yang masuk, dan bagaimana hal tersebut mempengaruhi saya. alat mereka yang dominan adalah telinga.. dan dibawah sadar mereka, seperti orang yang bertipe visual, indera lainnya tidak diikut-sertakan dalam menganalisa masalah dan informasi. coba perhatikan juga kata-kata yang umum dipakai orang bertipe auditori "saya dengar..", "feeling saya mengatakan... (feeling yang mereka percayai itu sebagian besar merupakan bisikan hati kecil, yang mereka dengarkan)"... dsb.

untuk membuka pembicaraan dan mempengaruhi orang lain, kita harus menekan tombol yang tepat. bagaimana bisa tepat kalo kita mengajak membahas mobil keluaran baru karena bentuknya yang sporty, warnanya yang indah, kepada orang yang ternyata bertipe auditori. apalagi anda sales mobil tersebut, sedang menawarkan mobil jualan anda. alih-alih anda membukukan penjualan, yang ada akan sangat blunder yang akan anda dapatkan.

bagaimana caranya kita mengetahui tipe apakah orang yang kita ajak bicara, sehingga kita bisa menekan tombol yang tepat saat hendak mempengaruhi dia? ajukan pertanyaan2 pancingan. dari situ kita akan tahu secara umum dia bertipe apa.. atau dari penampilan fisik juga akan ketahuan dimana,

  • suka memakai pakaian yang menyolok (warna cerah, bentuk eksentrik dsb), dapat disimpulkan sementara bahwa ia bertipe visual.
  • memakai pakaian ringkas, sederhana, tetapi secara bentuk dan warna matching /senada, ia bisa disimpulkan sementara bertipe auditori.
  • bagaimana dengan kinestatik? orang2 ini mengedepankan pakaian yang 'enak dan nyaman' di tubuh. perhatikan kalau pakaiannya yang kayaknya 'nggak masuk' secara mode, secara warna, potongan, dsb tapi yang menggunakannya merasa santai menggunakannya bisa kita simpulkan sementara bahwa ia bertipe kinestatik.

kembali ke awal pembicaraan kita yang sudah ngalor-ngidul, sebenarnya termasuk dalam tipe apakah diri kita sendiri? ada banyak tes di dunia maya yang bisa memberi jawaban termasuk tipe apakah kita, dan salah satunya adalah program berikut ini yang bisa di-donlot dan dijalankan langsung di komputer kita. sila donlot di sini

www.rcw.bc.ca/test/personality.html

selain dapat mengetahui tipe visual vs auditory, dari program ini kita juga bisa mengetahui apakah kita termasuk tipe otak kiri (terstruktur), atau otak kanan (abstrak), disertai penjelasan singkat dan pembahasan akan soal-soalnya.

nah, jadi selamat melihat dan mendengarkan dunia ini dengan lebih awas. ;)

2 Comments:

Blogger ikansapi said...

tetep loh gw gak bisa nge-run program ini.. pdhl pake windows pc...

Aug 13, 2007, 7:44:00 PM  
Blogger mata leo said...

hmm.. coba donlot lagi aja di pc. mungkin filenya corrupt.. secara ini program sederhana tapi seru sih

Aug 14, 2007, 1:22:00 PM  

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home