Killing Party

tempat saya membackup ide dalam kepala

Wednesday, January 31, 2007

meme swakelola

meme (mim), yang bisa juga disebut idea, dalam bahasa saya adalah 'hal yang diyakini baik dan untuk itu disebarkan dan dijalankan dengan sukarela'. idea bisa menyebar, dan bisa pula mati sebelum sempat menyebar. meme dapat dengan susah payah disebarkan, dan dapat dengan mudah menyebar dengan sendirinya. akhirnya bagaimana membuat dan merancang idea agar lenggang sepanjang masa dan menular dengan sendirinya kepada kepala-kepala individu yang lain, itu adalah masalahnya.

hal tersebut yang saya sebut di sini 'meme swakelola'. ia dilahirkan dan dibiarkan berkembang menyebar dengan sendirinya karena saat dilahirkan faktor-faktor penunjang hidupnya dan kelanjutan kelolanya telah dipersiapkan.

dalam buku 'virus akal budi' disebutkan bahwa idea tentang 'roda' akan sangat mudah menyebar saat roda diciptakan karena dalam idea tersebut faktor 'mudah dan memudahkan' adalah salah satunya, dan tiap kepala manusia senang akan hal yang mudah dan memudahkan (lebih banyak waktu untuk reproduksi kah?)

untuk membuat sebuah meme menjadi meme yang swakelola, menurut saya kita harus menyentuh hal-hal dasar dan sekunder akan kebutuhan manusia.

hal yang paling dasar dan primitif bagi manusia adalah :
  1. makanan
  2. sex
  3. keamanan

dari kebutuhan primitif tersebut kita dapat menurunkan ke hal yang lebih uptodate untuk saat ini yaitu uang, waktu luang, kemudahan hidup dsb.

bagaimana kalau saya katakan "kontak saya di email, dan saya akan beritahu rahasia/idea bisnis yang beresiko kecil, tapi sampai sekarang uang masih bekerja untuk saya dan 1 bulan sudah berlalu uang masih mendatangi saya sejumlah total 150juta, dan masih akan datang terus entah sampai kapan".

tidak usah dipikirkan terlalu dalam, ini meme yang baru saja saya lahirkan. saya tunggu email anda

2 Comments:

Anonymous Anonymous said...

hehe. bacaannya sama.
imel? kemana? leo@yahoo.com?

Feb 21, 2009, 5:31:00 AM  
Anonymous Anonymous said...

ibnuabii@gmail.com

May 8, 2011, 9:17:00 PM  

Post a Comment

<< Home