Killing Party

tempat saya membackup ide dalam kepala

Thursday, December 28, 2006

BAGAIMANA MEMBENTUK KEPATUHAN DAN KEMUDIAN BERKUASA

secara singkat untuk membentuk kepatuhan, yaitu membuat seseorang melepaskan otonominya dan sukarela menjadi bagian dari sebuah sistem, menurut teori psikologi ada 4 faktor :
  1. norma sosial
    ini menurut saya tepat sekali dijadikan pintu utama untuk membentuk kepatuhan seseorang. orang diikat, atau mengikatkan diri dengan tidak sadar, karena alasan norma yang dipegangnya. saat seseorang mengatakan 'ya' karena alasan2 seperti 'tidak enak', 'tidak sopan kalo menolak', 'ia secara agama adalah orang yang benar', maka ia sudah dieksploitasi kepatuhannya dengan faktor norma sosial. giring untuk mendapatkan deal-nya, maka ia akan tidak enak untuk membatalkannya.
  2. pengawasan
    untuk menciptakan dan melestarikan kepatuhan, harus dilakukan pengawasan tanpa putus.
  3. buffer
    saya dapat menyebutnya 'rantai tanggung jawab'. makin panjang buffer/rantai tanggung jawab, maka orang akan makin patuh. contohnya adalah bagaimana seseorang dapat lebih mudah melakukan hal yang tidak ia sukai, karena merasa ada orang lain yang bertanggung jawab akan hal tersebut dan bukan dia. dan semua orang dalam rantai tanggung jawab tersebut merasa hal yang sama.
  4. pembenaran ideologis
    'demi bangsa dan negara, bunuh aktivis itu!'. 'kamu menjadi garda terdepan melawan musuh agama'. 'demi ilmu pengetahuan'. sounds familiar..

1 Comments:

Blogger Neenoy said...

hai, kalo mau tanya tentang keramik, boleh email saya di nee_noy(at)yahoodotcom

Jan 24, 2007, 10:44:00 AM  

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home