Killing Party

tempat saya membackup ide dalam kepala

Monday, August 13, 2007

HANDSHAKE

dalam ilmu informatika dan telekomunikasi, istilah handshake secara bebas saya artikan adalah proses inisiasi awal yang dilakukan sebelum terjadinya komunikasi data lebih lanjut. masing-masing titik harus saling kenal terlebih dahulu siapa lawan bicara di seberang sana yang akan diajak berkomunikasi. handshake bertujuan untuk menyamakan protokol/cara berkomunikasi, sehingga data yang dikirimkan ditangkap dan diperlakukan dengan benar sesuai dengan yang diharapkan si pengirim data.

kemarin nonton film rating A+ (buat saya), yaitu 'BOURNE ULTIMATUM'. saat si agen wanita dibawah todongan bourne menjawab telepon dari langley, langley melakukan proses handshake terlebih dahulu dengan melemparkan sebuah pertanyaan otorisasi. pertanyaan ini ternyata punya 2 jawaban: satu jawaban akan menunjukkan bahwa si agen dalam keadaan aman, dan jawaban lain akan menunjukkan bahwa sang agen dalam keadaan tertekan/tidak aman. setelah handshake tercipta, barulah komunikasi berlanjut sesuai dengan keadaan sang agen.

dahulu saat masih kuliah dimana terdapat kegiatan yang sedang booming saat itu, yaitu chatting di sebuah server chat-dedicated dengan fungsi unix-based 'talk', saya melakukan perjanjian 'handshake' dengan seorang cewek di jurusan lain yang menjadi partner chatting saya. hal ini terjadi karena suatu hari di awal chating doi menanyakan sesuatu 'kemarin gw bahas ama dosen tentang obrolan politik kita di chat ini lho'. heh! perasaan saya ga pernah ngobrol politik ama kamu, apalagi kemarin. udah aja saya tetapkan bahwa login saya dibobol ama seseorang untuk dipakai chatting.

'ok indah, kita harus bikin password untuk tiap kita mulai ngobrol! '
'ya udah. apa dong?'
'gini aja, tiap mulai chatting kamu atau aku yang tanya duluan 'disana ujan ga', dan jawabannya adalah 'banget, nget!''
'kalau ga jawab atau salah?'
'berarti itu bukan masing-masing kita. kamu bisa terserah mainin doi.'
'ok sip!'

begitulah, meski proses pemberian kunci password secara teori jg tidak bersih (karena bagaimana saya saat itu memastikan kalau di seberang sana indah, dan si indah memastikan kalau saat itu saya yang ada di sini?), tetapi setiap chatting dengan indah saya jadi merasa aman.

saat ini saya pengen jg punya protokol handshake untuk saya pakai ym atau channel komunikasi lain. ada ide bagaimana bertukar informasi password nya?

2 Comments:

Blogger SiMungiL said...

I like this posting :) really like it!

gimana passwordnya yah?
ehh..sebaiknya jangan dibicarakan disini :D

just add me up :)

ayoo menulis lagi yah!
you have a fan now! :D

Nov 9, 2007, 12:46:00 PM  
Anonymous Anonymous said...

ok

linduaji masman

May 8, 2011, 9:25:00 PM  

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home