Killing Party

tempat saya membackup ide dalam kepala

Friday, April 03, 2009

paradox, yahudi menggemarinya

imam yahudi ahli torah pernah bertanya kepada jesus :

'mengapakah insan itu (adam-hawa) telah makan gandum dan buah (yang terlarang di surga)?'

pertanyaan yang simpel. tapi berhubung dalam momen ini yahudi bertemu yahudi, jesus sama cerdiknya dengan si imam yahudi, orang yang menurut jesus telah mengkorupsi ayat2 tuhan.

jesus tahu arah pertanyaan ini. apakah tuhan menghendakinya atau tidak? jika jesus menjawab 'begitulah kehendak tuhan' maka akan muncul pertanyaan 'lalu kenapa tuhan melarangnya?'

dan jika jesus menjawab 'tuhan tidak menghendakinya' maka manusia memiliki kekuatan lebih besar dari tuhan karena melakukan sesuatu yang bertentangan dengan kehendak tuhan.

dasar jesus ini bener2 pinter dia. dia tau imam2 ahli torah ini sedang menguji dia. apa jawaban beliau ybs?

'oleh karena setiap orang mempunyai kebutuhan, maka ia berbuat segala sesuatu untuk kepentingannya. akan tetapi allah yang tiada membutuhkan sesuatu telah berbuat sesuai dengan kehendaknya.

sebagai seorang raja yang memberikan kebebasan kepada hamba2nya, untuk memperlihatkan kejayaannya dan agar hamba2 itu lebih mencintainya. jadi allah telah menciptakan manusia berkebebasan agar ia menjadi lebih cinta kepada penciptanya dan mengenal kemurahannya'

gila, advokat paling licin berkilat lidah di dunia ini juga akan minder kali denger jawaban ini!

andai aku hidup di jamannya, aku ingin jadi muridnya. (dan mungkin wajahku jadi bisa ikut mejeng di lukisan 'last supper' da vinci nantinya)

1 Comments:

Anonymous Anonymous said...

gamongkeeeeeennnnn... yesus ga nerima murit kulit item. liad aja di dogma. dan tuhan adalah alanis morisette yg demen koprol di taman eden.

Apr 11, 2009, 3:59:00 PM  

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home