Killing Party

tempat saya membackup ide dalam kepala

Wednesday, March 18, 2009

alt 255

alt 255 adalah sebuah karakter invisibel, karakter terakhir dari urutan seluruh karakter askii yang ada di komputer. karakter ini terkenal dahulu pada jamannya di kalangan old-skool hacker, tapi akhir2 ini pamornya sudah turun karena jarang digunakan. hal ini tentu saja disebabkan karena trend komputer masa kini yang lebih dimudahkan dengan perintah klik mouse dan bentuk interface yang lebih visual. pendek kata, alt 255 ini bisa dikatakan sudah tidak trend.

di agensi dulu saya senang hangin' dengan gank programmer meski saya bukan termasuk di department IT. mereka ini termasuk orang2 old-skool hacker, yang kebanyakan programmer c dan assembler. nah, kalau sedang berbicara tentang kasus impostor mereka punya istilah dan lingua franca sendiri tentang ini, yaitu 'wah kasus alt-255 ya'.

secara sederhana cara kerja alt-255 di tataran teknis programming adalah merubah namafile target menjadi ditambah 1 invisibel karakter ini dibelakangnya, dan ia sudah menjadi file yang bernama berbeda. sisipkan 1 file bernama sama tanpa alt-255 dan sembunyikan... dan sang impostor yang akan diakses setiap saat nama file tersebut dipanggil.

* * *

ternyata meski saya sebut sudah tidak trend, teknik alt-255 terakhir masih saya temukan di sekitar tahun 2004-2005an kalo tidak salah, di sebuah forum diskusi online terbesar indonesia saat itu. seorang 'selebritis forum' di forum tersebut berhasil di-klon dengan sukses. sang klon tentu saja memiliki informasi personal sama dengan sang seleb, dan kurang ajarnya dengan id yang 'sama'. (hanya tanggal gabung dan jumlah postingan yang berbeda, tentu saja). hebat sekali sang impostor ini, teknik 'bertutur' (well, mengetikkan kalimat di dalam forum sebenarnya) pun direkayasa agar sama persis dengan sang pemegang id yang sah.. dengan agenda yang tidak bisa ditebak.

mungkin adminnya seorang hacker 'nu-skool'.. anak baru dia saat itu. dia tidak ada ide sama sekali saat itu kenapa bisa ada 2 buah id yang sama ter-register... sampai dia tahu bahwa sang impostor menggunakan alt-255

bahkan di jaman modern pun alt-255 masih dapat menunjukkan kehebatan masa lalunya.

* * *

kembali ke terminologi yang dipakai oleh hacker2 agensi tentang alt-255, impostor. impostorisasi bukan hal yang sukar dilakukan di internet. selama sebagai contohnya phising (sudah dapat link picture saya di www.hot-picz.com?) masih saja berhasil menipu orang, begitu pula impostorisasi over the internet. membangun indentitas baru di internet semudah klik sana klik sini, yang sebenernya turing pun harusnya berpikir satu hal lagi di dalam teori turing test nya : apakah benar di sebrang sana seseorang yang memang mengaku demikian?

5 Comments:

Anonymous Anonymous said...

in the end what makes human human is the humanity in itself: sincerity, friendship, and love.

nice writing, as always.

Mar 18, 2009, 12:45:00 PM  
Anonymous Anonymous said...

here for you:

http://www.yousendit.com/download/UmNLL0dKY3lwcFh2Wmc9PQ

a pdf for a pdf. like a quid pro quo ((=

Mar 18, 2009, 7:42:00 PM  
Blogger The Bitch said...

click on my name and see the topmost post. it's fun!

Mar 20, 2009, 6:06:00 AM  
Anonymous leo said...

lho kok jadi blogspot?

Mar 20, 2009, 8:32:00 AM  
Anonymous leo said...

wah!! dotcom mu kena tangkep ya? waduuh... udah dibackup blum? sori ga update akhir2 ini..

Mar 20, 2009, 8:34:00 AM  

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home